Pulau Damar jadi Tujuan Wisata Selam Bagi Turis Singapura

82PLANAMBAS, Kepritoday.com – Sejumlah Pulau terluar yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas masih menjadi destinasi wisata unggulan bagi wisatawan mancanegara khususnya Singapura. Salah satu pulau yang menjadi tujuan wisatawan asing dari Singapura yakni Pulau Damar. Pulau terluar yang masuk dalam wilayah Kecamatan Jemaja.

Pulau dengan luas wilayah 5,342 ha itu berada di sebelah barat Pulau Jemaja. Pulau itu berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Disebelah Barat Laut pulau itu merupakan Laut China Selatan. Tidak terlalu jauh dari pulau Jemaja yakni hanya sekitar 150 menit saja ditempuh dengan menggunakan perahu kayu. Akan lebih cepat jika ditempuh dengan kapal cepat seperti ferry atau speed boat.

Salah satu staf Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Kepulauan Anambas, Faisal menuturkan, Pulau Damar hanya terdiri dari susunan bebatuan saja. Karena hanya hanya bebatuan, maka di pulau itu tidak ada tumbuhan apapun dan tidak berpenghuni.

Meski demikian, pulau tersebut memiliki keindahan alam tersendiri. Terumbu karang yang ada di sekitar pulau itu sangat indah sehingga wajar jika dapat menarik wisawatan asing khususnya dari Singapura untuk datang di lokasi itu. “Pulau itu dikelilingi terumbu karang yang sangat bagus,” Katanya. Jumat (27/11).

Yang cukup menarik minat para penyelam luar negeri di sana, kata Faisal, yakni adanya dua kapal kuno yang tenggelam yang ada di sekitar lokasi yang ditumbuhi terumbu karang. “Salah satu kapal itu merupakan kapal dari Swedia,” ungkapnya.

Meski wisatawan asing sudah sering ke pulau itu, masyarakat lokal justru belum ada yang datang ke sana. Masyarakat lokal hanya sekedar melintasi pulau itu saat berangkat melaut. “Jumlah wisatawan asing juga belum terdata karena mereka masuk melalui Marina Batam dan Lagoi Kabupaten Bintan,” jelasnya.

Dipulau itu, kata Faisal, belum ada tugu sebagai tanda pulau perbatasan. Namun pemda sebelumnya sudah merencanakan akan membangun tugu di lokasi melalui anggaran dari pemerintah pusat. “Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ada rencana untuk bangun tugu perbatasan untuk pulau terluar,” ungkapnya.
Sumber : BP

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *