OJK Kepri Dalam Program Edukasi Mengangkat Tema “Perempuan Berani Membuat Perubahan“

Salah satu Program edukasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri

BATAM, Kepritoday.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepulauan Riau, memiliki program edukasi berupa Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang sudah berjalan sejak tahun 2016. Adapun iklan layanan masyarakat kali ini mengangkat tema International Women Day.

Tanggal 8 Maret merupakan hari penting bagi kaum perempuan, karena dunia internasional memperingati hari tersebut sebagai Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day/ IWD), dan untuk tahun ini tema yang diusung pada perayaan IWD adalah Berani Membuat Perubahan (Be Bold For Change).

Lantas perubahan apa yang bisa perempuan lakukan?

Salah satu yang terpenting adalah dengan menjadi perempuan yang “melek” keuangan, karena sejatinya saat perempuan menikah, perempuan akan berperan sebagai pengelola keuangan keluarga. Jika perempuan tidak memiliki pemahaman akan tujuan keuangan keluarga, maka ada beberapa kekhawatiran yang dapat muncul, antara lain pengeluaran lebih besar dari pemasukan dan menggangu kesejahteraan keluarga.

Namun jika anda sudah “melek” keuangan, dengan mengelola keuangan keluarga yang baik, tidak hanya dapat mengalokasikan pendapatan yang tepat namun anda dapat memiliki keterampilan untuk menyisihkan uang sebagai modal usaha keluarga. Hal ini memang bukan sesuatu yang mudah, bukan pula sesuatu yang tidak berisiko, tapi jika kita bisa persiapkan dengan baik dari mulai mengetahui potensi ekonomi apa yang bisa digali di lingkungan sekitar anda, mengelola sumber dana yang baik, menjalankan usaha dengan terampil dan tekun, pada akhirnya pasti berbuah manis.

Dengan menjalankan usaha, Anda tidak hanya membantu perekonomian keluarga sendiri, tetapi juga membantu menyejahterakan masyarakat sekitar, membuka lapangan kerja, hingga mengajak orang lain untuk lebih “melek” keuangan.

Salah satu bentuk usaha yang dapat dikembangkan untuk memajukan masyarakat adalah dengan membuka kemudahan akses keuangan bagi masyarakat yang selama ini belum tersentuh oleh produk dari jasa keuangan, seperti menjadi agen dari program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI). LAKU PANDAI merupakan program penyediaan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya melalui kerjasama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Program ini bertujuan untuk menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan.

Selain membantu masyarakat dalam kemudahan akses keuangan, menjadi agen LAKU PANDAI juga bisa menambah pemasukan untuk menambah modal usaha yang dijalankan dari imbal hasil yang didapat atas setiap transaksi yang dilakuan (penarikan, transfer, jual pulsa, bayar listrik, dll.).

Jadi, banyak perubahan yang dapat dilakukan oleh seorang perempuan bukan? So, Are you ready to #BeBoldForChange?

Informasi lebih lanjut mengenai program LAKU PANDAI, terdapat pada Buku Saku Laku Pandai yang dapat diunduh melalui tautan berikut: http://www.ojk.go.id/Files/box/laku-pandai/buku-saku.pdf. (Ain/Osr).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *