Nilai Proyek Penanggulangan Banjir di Jalan Pemuda Menuai Kritikan

Proyek Penanggulangan Banjir di Jalan Pemuda (Foto ; Kepritoday.com, Kamis. 22/03)

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Masayarakat Tanjungpinang, khususnya masyarakat di Jalan Pemuda, sangat senang dengan adanya pembangunan proyek untuk penanggulangan banjir yang dikerjakan oleh PT. Jaya Sarana Kencana, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Sumatera IV, dengan dana pembangunannya berasal dari APBN.

Namun, Proyek Pembangunan Pengendalian Banjir, yang dikerjakan oleh PT. Jaya Sarana Kencana, selaku Kontraktor Pelaksana, dan Tatabumi, selaku Konsultan Pengawas ini, menuai kritikan dari beberapa masyarakat.

Plang Proyek Pertama (Foto di Ambil Kepritoday.com, Kamis – Tgl 09-03-2017) Sore.

Awal kritikan dari masyarakat tersebut, terlihat dari nilai kontrak proyek yang tercantum pada Plang proyek, awalnya, nilai kontrak yang tertera di plang proyek Rp. 7.999.165 0000,00. Dan beberapa hari kemudian Plang Proyek berubah dengan nilai kontrak menjadi Rp. 7.999.165 000,00.  Dari nilai inilah yang membuat masyarakat jadi bingung, “ berapa sebenarnya nilai kontrak pada proyek Pembangunan Pengendalian Banjir di jalan Pemuda ini.” Kata Wandi.

“ Sebenarnya kami bingung, berapa Anggaran pembangunan Pengendalian Banjir ini, kalau abang ada mengambil poto plang pertama dan plang proyek sekarang, abang liat aja sendiri, berapa sebutan untuk angka dari nilai kontrak pada plang pertama.” Sebut Wandi, seorang warga yang  melihat pengerjaan proyek pengendalian banjir, kepada awak media Kepritoday.com yang kebetulan menyimpan poto plang proyek pada awal pengerjaan.

Wandi juga menilai, apakah proyek ini bisa berjalan dengan sempurna, seperti harapan masyarakat disini (Jalan Pemuda-red), sementara, dalam menulis angka nilai kontrak saja amburadul begitu, gimana dengan administrasi lainnya. Ungkapnya.

Dari pantauan media ini dilapangan, memang kalau dilihat dari Plang Proyeknya, dari nilai pertama, kita bingung untuk menyebutnya, apakah “ Milyar atau Triliun,” sebab kejanggalannya terletak pada angka Nol dalam Nilai Kontrak tersebut, tapi setelah ada perubahan pada Plang yang kedua baru kita paham, berapa sebenarnya nilai Proyek Pembangunan Pengendalian Banjir yang dikerjakan oleh PT. Jaya Sarana Kecana tersebut.

Plang Proyek Kedua ( Foto di Ambil Kepritoday.com, Rabu – Tgl 22-03-2017) Siang.

Sementara itu, warga lainnya yang namanya tidak ingin dipublikasikan juga mengatakan, ada apa dengan Proyek ini, dari awalnya saja sudah terlihat kwalitas dasar administrasinya, yaitu dengan lalainya perhatian para crew PT. Jaya Sarana Kencana, tentang angka pada nilai kontrak yang terdapat pada plang proyek. Apalagi pada pengerjaan pembangunan Pengendalian Banjir pada proyek ini nantinya, mungkin tambah amburadul jadinya.

Ditambahkannya, terus terang, saya pribadi sebagai warga disini, sangat senang dengan adanya pembangunan pengendalian banjir ini, kalau pembangunan proyek ini dapat mengatasi banjir didaerah Jalan Pemuda ini, kami sangat bersyukur, jadi kami tidak lagi berperang dengan banjir yang menjadi langganan kami setiap kali turun hujan. Jelasnya.

“ Kalau pembangunan proyek ini dapat mengatasi banjir didaerah Jalan Pemuda ini, kami sangat bersyukur, sebab kalau hujan turun selama 2 jam atau lebih, kami selalu disibukkan dengan banjir yang menjadi langganan kami.” Ujarnya.

Dalam kejadian ini, diharapkan kepada pihak terkait untuk selalu mengawasi Proyek Pembangunan Pengendalian Banjir di Jalan Pemuda ini, agar tidak menimbulkan kerugian terhadap Negara, karena, dari awalnya saja sudah terlihat kejanggalan dalam pencatatan nilai kontrak, bagaimana dengan administrasi-administrasi lain nantinya. (Djo).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *