Pemko Tanjungpinang Terima Penghargaan Dari Presiden RI

Pemko Tanjungpinang mendapatkan Penghargaan sebagai juara 2 lomba Penanaman Pohon se-Indonesia untuk kategori Tingkat Kota, setelah melalui beberapa tahapan yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo pada hari kamis (26/11) di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam, Mandiangin Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia.

Urutan pemenang dalam lomba tersebut untuk tingkat kota diraih oleh Kota Mobagu sebagai juara pertama, Kota Tanjungpinang sebagai juara Kedua dan Kota Surabaya sebagai juara ketiga.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mempertahankan kinerjanya sehingga pelestarian alam melalui kegiatan penanaman pohon ini dapat menyelamatkan ekosistem bumi.

“Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap kepedulian daerah untuk sama-sama menjaga kelestarian alam. Tidak hanya menanam, tapi juga harus merawat dan menjaga tanaman agar dapat tumbuh dan Bermanfaat. Selain daripada penanaman pohon ini, Kita harus waspada terhadap kebakaran hutan. Cukup pengalaman 18 tahun ini sehingga seluruh stakeholder harus turut waspada jangan sampai terjadi lagi,” ujarnya.

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agama, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, FKPD Provinsi Kalsel, Bupati dan Wakil Bupati se-Provinsi Kalsel, Beberapa gubernur dan Walikota se-Indonesia.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah pada kesempatan ini mengucapkan Terima Kasih kepada seluruh jajaran Pemko Tanjungpinang, khususnya Dinas KP2KE serta seluruh masyarakat Tanjungpinang atas partisipasinya, saling bahu membahu dan dengan semangat yang tinggi sehingga program penanaman pohon di Tanjungpinang dapat dilaksanakan dengan baik.

“Tentunya Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kesungguhan dan kerjasama yang sangat baik dari setiap instansi, baik Skpd, Kelurahan, Sekolah-sekolah dan seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu Saya atas nama pribadi mengucapkan Terima Kasih. Penghargaan ini Saya dedikasikan untuk Kita semua”, katanya.

Turut mendampingi dalam penyerahan penghargaan tersebut Kadis KP2KE; Adnan, Kabid Kehutanan & Perkebunan; Muhammad Syukri, Kabag Umum; Djasman dan Kasubag Protokol dan Hubungan antar lembaga; Bowo.

Pada kesempatan lainnya, Kadis KP2KE melalui Kabid Kehutanan & Perkebunan, Muhammad Syukri menyampaikan bahwa dalam upaya untuk memenangkan lomba ini Tim bekerjasama dengan seluruh pihak telah menanam 75.000 lebih bibit pada tahun 2014 yang terdiri dari pohon mahoni, trembesi, petai, cemara, bakau, pulai, bungur, spathodea, secang, pucuk merah dan pohon durian.

“Bibit-bibit tersebut kita upayakan dari kebun bibit rakyat dan persemaian/pembibitan tanaman kehutanan di hutan lindung bukit kucing dan kebun-kebun bibit rakyat yang kemudian kita lakukan penanaman di hutan lindung bukit kucing (penanaman pengkayaan hutan lindung 30 ha), kawasan mangrove madong (penanaman 14 ha), hutan rakyat dompak, hutan kota bukit manuk (Penanaman 30 ha), seluruh kantor skpd, kelurahan dan sekolah se-Tanjungpinang.

“Pelaksanaan kegiatan ini terjalin dengan sangat baik melalui dukungan penuh dari Bapak Walikota dan keikutsertaan dari unsur FKPD, SKPD, Sekolah dan seluruh lapisan masyarakat. Mudah2an ini terus dapat kita galakkan”, terangnya.