Bea dan Cukai Gelar Operasi Laut Jaring Sriwijaya 2017

Direktur Penyelidikan dan Penindakan (PP) Bea dan Cukai Pusat, Harry Mulya, didampingi Kapolda Kepri dan jajaran Kakanwil DJBC Se-Sumatera, dalam konferensi persnya perihal operasi patroli laut Jaring Sriwijaya tahun 2017.

BATAM, Kepritoday.com –  Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai , Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga. Dalam rangka menindak lanjuti instruksi presiden RI untuk mengantisipasi tindak pidana penyeludupan serta meningkatkan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai.

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) telah mengambil langkah strategis  dalam pengawasan laut melalui giat Patroli laut bea dan cukai dengan berbagai macam skema yaitu di​ wilayah barat Indonesia dengan​ sandi operasi patroli laut Jaring Sriwijaya dan di​ wilayah timur Indonesia dengan​ sandi operasi patroli laut dalam kerjasama bilateral dengan​ kastam diraja Malaysia (patkor Kastima) serta Patkor.

DJBC membuka operasi wilayah barat Indonesia yang di​ mulai pada​ hari ini, Kamis, (04/05) dan akan di​ rencanakan dalam 3 tahap sampai dengan akhir tahun 2017.

Direktur Penyelidikan dan Penindakan (PP) Bea dan Cukai Pusat, Harry Mulya mengatakan, kita hari ini mengadakan kegiatan upacara dalam rangka operasi patroli laut bea dan cukai jaring Sriwijaya tahun 2017.

“Dalam operasi patroli laut ini bea dan cukai mengikutsertakan Fast Patrol Boat (FPB) ukuran 60 meter , 38 meter, 28 meter, VSV, speed boat,Jumlah 17 kapal patroli dan melibatkan 250 personel dalam setiap operasi,” kata Harry.

Kapal-kapal tersebut akan beroperasi di 5 sektor mulai dari​ perairan Aceh, Belawan,Tanjung Balai Asahan, tanjung Sinaboi,Tanjung Parit Batam, Tanjung Pinang, perairan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), dan sektor laut Natuna hingga wilayah perairan Kalimantan bagian​ Barat,”,Ujar Harry, dalam konferensi persnya, Kamis ( 04/05/2017) pagi, seusai upacara operasi patroli laut, di Dermaga Pelabuhan Batu Ampar Batam.

“Untuk meningkatkan intensitas patroli laut Bea dan Cukai di​ seluruh wilayah perairan Indonesia bersamaaan dengan​ operasi jaring Sriwijaya 2017 di​ wilayah barat, wilayah timur Indonesia juga di laksakana operasi serupa dengan​ sandi operasi jaring WALLACEA 2017 yang akan digelar 10 mei 2017 mendatang,” Jelasnya.

Dengan​ demikian Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan melaksanakan patroli laut secara serentak di​ seluruh wilayah perairan Indonesia untuk menanggulangi penyeludupan dan tindak pidana lainnya yang diamanahkan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sesuai dengan​ UU dan peraturan yang berlaku. Kata Harry.

Upacara operasi patroli laut Bea dan Cukai Jaring Sriwijaya tahun 2017 ini dihadiri oleh Danrem 033/WP, Kapolda Kepri, Seluruh Kakanwil Dirjen Bea dan Cukai Se-Sumatera, Dirpolair Polda Kepri, Danlanal Batam, Kapolresta Barelang, Dandim 0316 Batam, Kejaksaan Negeri Batam, serta awak media. (Andri/Oscar).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *